Friday, November 29, 2013

Upgrade ke MapInfo 12.0 haruskah?

MapInfo 12 sudah dirilis beberapa waktu lalu. Saya baru sempat download dan mencoba MapInfo Professional 12 ini kemarin. Sekilas, tidak banyak perbedaan (secara tampilan) dibandingkan MapInfo 11. Tetapi MapInfo 12 ini membawa banyak perbaikan dan peningkatan kinerja. Bagi anda yang masih menggunakan MapInfo versi lama, mudah-mudahan artikel berikut ini bisa memberi gambaran bagi anda apakah layak untuk upgrade ke versi MapInfo Professional 12.0
Fitur baru atau upgrade di MapInfo 12.0
1. Cartographic Output
Seperti tertulis di website resmi MapInfo, MapInfo 12.0 ini memberikan kemudahan bagi pengguna untuk membuat peta dengan tampilan yang lebih menarik, lebih mudah. Tampilan scalebar lebih mudah diatur karena MapInfo 12.0 sekarang mendukung latar belakang dan border yang transparan. 
2. Labelling improvements
MapInfo Professional 12.0 membawa perubahan yang cukup substansial dalam hal labelling. Banyak pengguna termasuk saya yang mengeluhkan repotnya membuat custom label di MapInfo. Tetapi di MapInfo 12.0 ini anda akan merasakan bedanya. Versi 12.0 ini memungkinkan kita untuk membuat label dengan bentuk lengkung (curved label). Algoritma yang baru juga mempermudah kita menempatkan label secara otomatis.

3. Teknologi Update
MapInfo Professional 12.0 sudah mendukung Windows 8 dan Windows Server 2012. Jadi versi ini sudah dilengkapi dengan teknologi terbaru. Saya sendiri sudah mencoba install MapInfo Professional 12.0 ini di Windows 8 64 bit tanpa ada kendala. 
Beberapa poin diatas hanyalah sedikit dari sekian banyak kelebihan yang ditawarkan MapInfo professional 12.0. Menurut saya, upgrade ke versi ini sangat direkomendasikan. 


EmoticonEmoticon