Saturday, November 21, 2015

Tutorial Mapinfo-Cara registrasi gambar/raster di MapInfo

Sudah lama tidak mengisi blog ini. Kali ini akan saya coba tulis tutorial mengenai bagaimana cara registrasi peta atau gambar (raster file) di Mapinfo Professional. Sebenarnya tidak terlalu susah untuk registrasi peta di Mapinfo. Setelah di registrasi, peta akan memiliki informasi geografis seperti koordinat dan sebagainya. Sumber peta ini bisa beragam. Bisa dari hasil scan peta, ataupun anda bisa download peta dari internet. 
Langkah pertama, siapkan gambar atau peta yang akan di registrasi. Untuk melakukan registrasi, kita perlu minimal 3 buah titik yang sudah diketahui koordinatnya. 
1. Buka peta atau gambar anda melalui menu File Open di Mapinfo Professional. Pastikan anda ganti Files of Type menjadi Raster Image. Lihat gambar berikut.
2. Pilih raster file yang akan adan registrasi dan tekan Open. Pilih Register untuk mulai proses registrasi. 
3. Pada jendel registrasi, pertama pilih Projection untuk menentukan proyeksi peta tersebut. Pilih proyeksi berdasarkan lokasi peta tersebut berada. 
4. Langkah berikut nya adalah registrasi peta. Klik pada peta yang kita ketahui koordinatnya. Jadi kita harus memiliki 3 titik di dalam peta yang sudah kita ketahui koordinatnya. 
Lakukan langkah tersebut sampai ketiga titik (boleh lebih) tersebut selesai anda input. Kemudian tekan OK dan jika semua benar, maka peta anda sekarang sudah ter-registrasi di Mapinfo. Anda bisa kemudian meng-overlay nya dengan data pendukung yang lain. 


14 comments

Saya baru belajar tentang GIS dan tutorial nya sangat bermanfaat buat saya , terimakasih 😊

Kunjungi website saya 🙂
http://fitrid.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/
Website kampus saya
http://www.atmaluhur.ac.id/

Terima kasih tutorialnya dalam registrasi gambar/raster di MapInfo, akan saya coba, tetapi untuk bisa mengetahui titik koordinatnya dari mana?
Kunjungi website saya ya http://korneliusputra.mahasiswa.atmaluhur.ac.id
Website kampus saya http://www.atmaluhur.ac.id

Terima kasih atas materi tutorial GIS nya, tapi bagaimana cara mengetahui nilai dari Map X dan Map Y nya. Kunjungi juga website saya https://sandia.mahasiswa.atmaluhur.ac.id dan website kampus saya http://www.atmaluhur.ac.id

Terima kasih atas materi tutorial GIS nya, tapi bagaimana cara mengetahui nilai dari Map X dan Map Y nya. Kunjungi juga website saya https://sandia.mahasiswa.atmaluhur.ac.id dan website kampus saya http://www.atmaluhur.ac.id

gan apakh bisa petaya tidak memeliki titik koordinat??
jangan lupa kunjungi website saya : http://tonitutorial.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/
dan website kampus saya :www.atmaluhur.ac.id

Terimakasih gan atas informasi Tutorial Mapinfo-Cara registrasi gambar/raster di MapInfo ini, oh ya gan mau tanya gambar yang kita registrasi sudah kesimpan tetapi titik koordinatnya belum sesuai dengan peta apakah dapat disesuaikan lagi atau dicocokan letak gambar yang kita registrasi dengan peta yang sebenarnya, thanks.

Oh ya gan kunjungi website saya ya : https://jupriyadi.mahasiswa.atmaluhur.ac.id
dan website kampus saya : http://www.atmaluhur.ac.id

Terimakasih untuk tutorialnya, saya baru tahu kalau untuk pemilih projection dipilih berdasarkan lokasi peta tersebut berada. Saya mau tanya, kenapa untuk registrasi peta memerlukan minimal 3 titik koordinat yang sudah diketahui? Makasih.

Silahkan mengunjungi website saya di: https://leor.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/
dan website kampus saya di: http://www.atmaluhur.ac.id/

tutorialnya sangat membantu saya sebagai pemula di tunggu ttutorial selanjynya terimaksih gan
Kunjungi juga Website saya di https://sites.google.com/mahasiswa.atmaluhur.ac.id/uncyber/
dan Website Universitas saya www.atmaluhur.ac.id

makasih min ilmunya untuk saya pemula
yang saya ingin anyakan apabila titik koordinatnya salah, apakah pengaruh pada sklala peta?
mampir min di website saya: https://sites.google.com/mahasiswa.atmaluhur.ac.id/btadventure?pli=1
dan juga website kampus saya: www.atmaluhur.ac.id

Terima kasih atas materi tutorial GIS nya, tapi bagaimana cara mengetahui nilai dari Map X dan Map Y nya. Kunjungi juga website kampus saya ke www.atmaluhur.ac.id maupun alamat web blog saya http://mafaza.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/.

Terima kasih atas materi tutorial GIS nya, tapi bagaimana cara mengetahui nilai dari Map X dan Map Y nya. Kunjungi juga website saya https://capcuy.mahasiswa.atmaluhur.ac.id dan website kampus saya http://www.atmaluhur.ac.id

sangat membantu sekali pak, semoga makin sukses selalu,di tunggu kelanjutan nya,,,,

jangan lupa ya pak kunjungi website saya jg http://sekolahan.mahasiswa.atmaluhur.ac.id dan web kampus saya http://atmaluhur.ac.id

terima kasih kak sudah berbagi Tutorial mengregistrasi peta dengan mapinfo,tutorialnya bagus kak mudah dipahami, ditunggu tutorial yang selanjutnya , Sukses selalu buat kakak. oh iya jangan lupa kunjungi web saya https://r3nd1pr4y0g1.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/ dan juga web kampus saya http://www.atmaluhur.ac.id/

terimakasih atas informasinya, artikel ini sangat menarik dan berguna untuk mengetahui tutorial mengregistrasi peta dengan mapinfo.
yuk kunjungi website kampus saya di http://www.gunadarma.ac.id
dan website saya di https://raudhatulrizkiadika.blogspot.com


EmoticonEmoticon